makalah anatomi IPA



BAB I

PENDAHULUAN



A. Latar Belakang 

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) setidaknya terbangun atas 4 unsur yang meliputi hukum, teori,  prinsip, pustulat atau azas. Dalam IPA , Ilmuwan melakukan observasi serta membentuk hipotesis dalam usahanya untuk menjelaskan fenomena alam. Prediksi yang dibuat berdasarkan hipotesis tersebut diuji dengan melakukan eksperimen. Jika suatu hipotesis lolos uji berkali-kali, hipotesis tersebut dapat menjadi suatu teori ilmiah.
Selama ini umumnya orang berpendapat bahwa menginternalisasi nilai-nilai  untuk membangun moral, karakter, dan akhlak hanya bisa ditempuh melalui pendidikan agama.  Atas dasar  itu maka pendidikan agama dianggap penting dan harus diajarkan.  Anggapan itu  tidak salah. Sebab agama selalu mengajarkan tentang bagaimana agar para peserta didik memiliki moral, karakter, dan akhlak yang luhur. Akan tetapi sebenarnya, pendidikan sains pun bisa dijadikan sebagai pendekatan untuk membangun moral, karakter dan akhlak mulia. Melalui pendidikan sains, maka anak didik akan mengenal dirinya sendiri dan Tuhannya.

Selain itu, ilmu pengetahuan alam juga mamiliki banyak peranan diberbagai bidang kehidupan. Dimana penggunaan science ini membuat pekerjaan diberbgai bidang mmenjadi lebih praktis. Sehingga tentunya penggunaan IPA memberi maanfaat besar.

B. Rumusan Masalah

C. Maksud dan Tujuan

            

BAB II

PEMBAHASAN

A. Anatomi IPA

B. Metode Ilmiah 
C. Nilai-Nilai dan Keterbatasan Ilmu Pengetahuan Alam
D. Peranan IPA untuk Masa Depan



BAB III

PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran

   
Download lengkap makalah "anatomi IPA",  Unduh



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunci determinasi cabai rawit '

kunci determinasi kacang tanah

Kunci Determinasi Kemangi (Ocimum basilicum)