laporan pkl / prakerin busana



BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Sekolah Menengah Kejuruan merupakan sekolah yang berorientasi terhadap SDM yang kelak siap terjun ke dunia kerja. Untuk itu, dalam kurikulum terdapat pelaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin). Dimana siswa akan terjun secara langsung ke salah satu tempat industri sesuai program keahlian yang ditempuh.


Dalam pelaksanaannya, siswa yang berada langsung pada tempat kerja akan dihadapkan pada proses kerja yang menuntut siswa dapat menampilkan keahlian yang dimilikinya. Namun, Prakerin itu sendiri merupakan bagian dari proses belajar siswa, sehingga proses tersebut dapat dijadikan suatu proses pembelajaran.
Pada program Tata Busana sendiri yang penempatannya pada konveksi-konveksi, bagi penyusun sendiri banyak mendapatkan pembelajaran baik dalam konteks keterampilan maupun pengalaman-pengalaman akan kondisi lingkungan pekerjaan. Berbagai kegiatan dari bisnis konveksi yang bahkan tidak diperoleh di sekolah didapatkan di lapangan. Dan proses adaptasi penyusun terhadap suasana kerja. Disamping itu, kenyataan bahwa seorang wirausaha yang menjadi target dari pembelajaran SMK dapat memperluas usahanya. Dimana pada tempat kerja penyusun tidak hanya mendapati pekerjaan dalam bidang keahlian tetapi tambahan keahlian lain. Konveksi tersebut juga merupakan suatu usaha percetakan sehingga penyusun sebagai siswa Prakerin Tata Busana pun turut dalam pelaksanaan bidang tersebut.
Latar belakang masalah yang telah di uraikan di atas membarikan inspirasi dan pemikiran kepada penulis di dalam membuat laporan hasil kegiatan Praktek Kerja Industri di Percetakan/konveksi *******.
Pada akhirnya pelaksaan Prakerin akan memberikan pembekalan kepada siswa berupa pengalaman-pengalaman akan dunia kerja serta keterampilan yang bertambah dari tempatnya melaksanakan Prakerin itu sendiri.
1.2 Maksud dan Tujuan
1.2.1 Maksud
1.2.2 Tujuan   
1.3. Waktu dan Tempat
1.3.1 Waktu Pelaksanaan
          
BAB II
PROFIL INSTANSI
2.1. Sejarah         
2.2. Struktur Organisasi
Struktur Manajemen “Percetakan *******”
2.3. Tugas dan Wewenang
BAB III
Ruang Lingkup Pekerjaan
3.1 Spesifikasi Pekerjaan         
BAB IV
PENUTUP
4.1. Kesimpulan
 4.2.  Saran
Download Lengkap Laporan Prakerin Busana SMK disini.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunci determinasi cabai rawit '

kunci determinasi kacang tanah

Kunci Determinasi Kemangi (Ocimum basilicum)